Translate

Friday, September 6, 2013

Ngablak penghasil benih kentang berkualitas


Ngablak penghasil benih kentang berkualitas




Produksi kentang hasil menggunakan G-3 di Ngablak, 36,6 - 40 ton/ha. Selain produksinya tinggi, hasil produksinya benar-benar sehat, bebas dari penyakit penting seperti NSK. Sehingga sangat baik untuk benih atau bibit.
Kalau dikembangkan untuk kentang konsumsi, produksinya bisa lebih tinggi dan kentangnya sehat. Sehingga akan disenangi pasar, karena kentang yang sehat akan tahan lama dikirim jauh.
Bibit yang sehat, dengan kelas yang masih berada pada distrata G-3 dan G-4, akan mampu menghasilkan produksi kentang konsumsi lebih besar dibanding benih "asalan" yang selama ini ditanam petani. Benih asalan adalah benih kentang turunan yang sudah berkali-kali ditanam. Mungkin stratanya sudah lebih dari G-10 yang daya produksinya hanya sekitar 15 ton/ha. Sementara benih yang dianjurkan ditanam petani adalah strata G-4 yang memiliki daya produksi 60 ton/ha lebih

Di wilayah Ngablak kentang dikembangkan di hampir semua desa, namun yang paling banyak diantaranya di desa Genikan, Desa Jogonayan, desa Ngablak, desa Tejosari, desa Sumberejo dan Desa Madyogondo. Sedangkan desa lainnya juga membudidayakan tapi tidak sebesar desa-desa tersebut.
Selain menanam kentang untuk memproduksi bibit, masyarakat juga menanam kentang untuk konsumsi, sementara ini hasil panen hanya dijual di pasar "Agropolitan Ngablak", yang kemudian oleh pedagang baru didistribusikan ke daerah-daerah lain.sedanngkan bibit kentang selain untuk mencukupi kebutuhan petani ngablak juga banyak dari petani diluar daerah memesan bibit kentang dari Ngablak.

No comments:

Post a Comment